Search This Blog

Monday, June 28, 2010

Citrix : Mapping Printer Client

Teknologi Thin-Client semakin banyak digunakan di berbagai industri, namun demikian tidak semua teknologi thin-client memperhatikan performansi publish aplikasinya.
Citrix (atau sekarang dikenal dengan nama xen-app) cukup konsen terhadap performansi, salah satunya terhadap proses print dokumen. Dengan teknologi citrix, proses print dokumen bisa dikatakan low-bandwidth-consumption.

Berikut ini saya coba share cara mencetak menggunakan printer lokal dan printer sharing dengan menggunakan Citrix (Xen-App):


1. Perlu diperhatikan penamaan printer lokal dan printer sharing (sebaiknya dibuat standarisasi penamaan printer). Untuk jumlah printer yang banyak, jika nama printer mirip/sama akan merepotkan.

2. Dari server Citrix, buka "Presentation Server Console"

3. Extend menu "Printer Management"

4. Klik menu "Drivers", pastikan bahwa driver printer sudah ada di list, misalnya Epson LX-300. Jika belum ada, lakukan instalasi driver printer di server.

5. Klik kanan menu "Drivers"

6. Klik sub-menu "Mapping"

7. Klik tombol "Add" dan tambahkan data sebagai berikut:
- Client driver : diisi dengan nama lokal printer atau network printer yang ada di komputer client, misalnya : Asmoro_EpsonLX300
- Server driver : diisi dengan nama printer server yang bersesuaian dengan driver client, misalnya : Epson LX-300

8. Untuk merubah mapping, pilih mapping yang ada dan klik tombol "Edit". Untuk menghapus mapping, pilih mapping yang ada dan klik tombol "Remove".

9. Klik OK.

Silahkan dicoba lakukan print saat menjalankan aplikasi dari citrix client.

No comments:

Post a Comment